Aplikasi Augmented Reality dalam Penyebaran Informasi Artefak Berbasis Mobile dengan Metode System Usability Scale

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yadi Utama
Ali Ibrahim
Mira Afrina
Lay Kodri
Hafiiz Kresna Prasetya

Abstract

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya adalah peninggalan pada zaman Kerajaan Sriwijaya, namum ada kekurangan di Museum tersebut dalam memberikan informasi peniggalan sejarah seperti Artefak. Dalam memberikan informasi kepada masyarakat masih melalui Teks kertas sehingga mendapatkan tanggapan dari pengunjung bahwa pemberian informasi dalam mengenal sejarah koleksi Artefak yang ada di museum tersebut terlalu monoton dan tidak menarik yang akhirnya menyebabkan pengunjung yang datang ke museum menjadi bosan saat ingin mengenal tentang sejarah koleksi yang ada di Museum dan menganggap tempat tersebut adalah tempat yang membosankan dan kuno. Pada era digital Augmented Reality merupakan solusi dari permasalah tersebut. Dengan Augmented Reality maka penyebaran informasi menjadi lebih menarik karena berbasis multimedia. Augmented Reality Pada pengujian Aplikasi menggunkan Metode System usability Scale (SUS) dan sebagai media pengenalan Informasi benda Artefak yang ada di Museum memperoleh nilai rata – rata responden 83. Hasil Pengujian memberikan gamabaran bahwa Aplikasi Augmented Reality bisa dijadikan sebagai pemberian solusi untuk mengenal sejarah Artefak dengan menarik dan inovatif serta memberikan pengalaman yang berbeda dalam mengenal benda koleksi yang ada di Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Utama, Y., Ibrahim, A., Afrina, M., Kodri, L., & Prasetya, H. K. (2023). Aplikasi Augmented Reality dalam Penyebaran Informasi Artefak Berbasis Mobile dengan Metode System Usability Scale. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 15(1), 3092–3101. https://doi.org/10.18495/jsi.v15i1.110