Analisis Sentimen Produk Herbal Jamu pada Media Sosial Instagram
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Perubahan gaya hidup sehat dan peningkatan konsumsi tanaman obat dalam masyarakat di Indonesia memberikan dampak positif seperti peningkatan kapasitas dan jumlah industri serta pelaku usaha kecil di bidang herbal jamu. Produk herbal jamu bagi sebagian besar masyarakat Indonesia telah dipercaya dan lebih aman dalam mengobati penyakit. Produk herbal jamu biasa dimanfaatkan untuk merawat pasien penderita kelompok penyakit demam, hipertensi, luka, kolesterol, maag, malaria, dan infeksi saluran kencing. Tentunya pemilihan tanaman obat untuk merawat suatu penyakit juga dipengaruhi oleh budaya atau kepercayaan wilayah tertentu. Dalam kegiatan pemasarannya, produk herbal jamu juga memanfaatkan teknologi yang telah berkembang seperti penggunaan media sosial yang memiliki potensi untuk mendapatkan jangkauan konsumen dan pemasaran yang lebih luas hingga peningkatan omset dari penjualan produk. Media sosial yang dirasa mudah untuk digunakan pelaku usaha skala kecil maupun besar dalam pemasaran produk herbal adalah Facebook dan Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sentimen pengguna media sosial Instagram terhadap tren penjualan herbal jamu. Hasil penelitian akan mengungkap signifikansi penggunaan media sosial Instagram pada pemasaran produk herbal jamu.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.