Model Sistem Antrian Menggunakan Metode Discrete Event Simulation Pada Gerai Makanan Cepat Saji (Studi Kasus: McDonald’s Darmo Surabaya) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Athalia Diah Rizqullah
Retno Dwi Rahmawati
Mochammad Khusien Bagaskoro
Offy Novanindra Aibi
Dwi Rolliawati

Abstract

Suatu antrian terjadi disebabkan oleh tingginya frekuensi pelanggan yang datang dan fasilitas pelayanan yang kurang memadai. Kurangnya fasilitas dapat disebabkan oleh kurangnya sumber daya sehingga terjadi antrian. Penelitian ini berfokus pada system pelayanan melalui kasir dan mesin self ordering kiosk yang disediakan oleh McDonald’s Darmo, yang mana terjadi antrian panjang ketika waktu makan siang dan makan malam tiba. Oleh karena itu, peneliti melakukan pemodelan system pelayanan untuk mengurai antrian panjang tersebut dengan menggunakan metode simulasi Discrete Event Simulation. Komponen penting dalam pemodelan ini adalah waktu kedatangan, waktu pelayanan, dan pengambilan pesanan. Simulasi dari metode pelayanan yang ada dilakukan dengan menggunakan dua tahap yaitu dengan menggunakan 100 dan 1000 kapasitas pelanggan. Hasil simulasi untuk melayani 100 - 1000 pelanggan menggunakan 1 kasir, 2 mesin, dan 3 pada order pick up menunjukkan bahwa waktu pemesanan setiap pelanggan sekitar 5.23 menit dan 6.20 menit. Oleh karena itu, solusi yang diberikan dengan menambahkan sumber daya 2 kasir, 2 mesin, dan 4 orang pada order pick up menghasilkan pengurangan waktu pemesanan menjadi 4.01 menit dan 4.19 menit. Hal ini dapat membantu memperbaiki efisiensi dalam pelayanan baik melalui kasi, mesin, maupun proses order pick up.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rizqullah, A. D., Rahmawati, R. D., Bagaskoro, M. K., Aibi, O. N., & Rolliawati, D. (2023). Model Sistem Antrian Menggunakan Metode Discrete Event Simulation Pada Gerai Makanan Cepat Saji: (Studi Kasus: McDonald’s Darmo Surabaya). JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 15(2), 3301–3314. https://doi.org/10.18495/jsi.v15i2.132