Evaluasi Sistem Informasi Sekolah Terintegrasi Instagram dan WhatsApp Berdasarkan Pengujian ISO 25010

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Wachid Hidayatulloh
Prita Dellia

Abstract

Sistem informasi sangat diperlukan pada sebuah instansi pendidikan dalam menyebarkan informasi. SMK PGRI 1 Bangkalan merupakan salah satu sekolah kejuruan di Kabupaten Bangkalan yang memiliki sistem informasi berbasis website dan diintegrasikan dengan WhatsApp dan Instagram. Namun, website ini belum dievaluasi kualitasnya agar sesuai dengan standar kualitas website pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kualitas dari website SMK PGRI 1 Bangkalan dengan ISO 25010. Pengukuran ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode pengujian yang digunakan adalah ISO 25010. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas website pada aspek functional suitability, portability, performance efficiency, dan usability. Pengujian pertama pada aspek functional suitability, sistem ini dinyatakan 100% sangat baik dari seluruh fungsionalitas yang disediakan pada sistem. Pengujian kedua pada aspek portability, sistem ini juga dinyatakan 100% sangat baik dalam beradaptasi dengan browser yang berbeda. Selanjutnya aspek performance efficiency memiliki rata-rata kecepatan waktu yang sangat baik yakni 1,192s, serta mendapatkan persentase sebesar 85,89% dengan grade B pada pengujian Yslow. Pengujian yang terakhir adalah aspek usability, pengujian menyatakan bahwa sistem ini dinyatakan 90% sangat layak untuk dioperasikan setelah diujikan kepada 20 subjek uji coba.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hidayatulloh, N. W., & Dellia, P. (2023). Evaluasi Sistem Informasi Sekolah Terintegrasi Instagram dan WhatsApp Berdasarkan Pengujian ISO 25010. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 15(2), 3330–3342. https://doi.org/10.18495/jsi.v15i2.134