Web-Based Application Dalam Pengelolaan Dokumen Laporan Evaluasi Diri Berbasis Akreditasi 9 Kriteria
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Akreditasi dimaksudkan untuk menentukan mutu dan kelayakan penyelenggaran pendidikan tinggi di tingkat perguruan tinggi atau program studi berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI). Dalam menentukan mutu atau kelayakan dilakukan penilaian akreditasi. Salah satunya adalah penilaian terhadap laporan evaluasi diri berbasis 9 kriteria yang telah dibuat. Proses penyusunan laporan evaluasi diri umumnya masih dilakukan secara manual dengan tim yang terpisah sesuai dengan penunjukkan penanggungjawab setiap kriteria. Salah satu bentuk dukungan dari penyusunan laporan evaluasi diri adalah penguatan bukti dokumen terhadap cerita evaluasi yang dibuat. Umumnya, pengelolaan dokumen akreditasi bersifat hard file dan tersimpan secara terpisah pada media penyimpanan masing-masing penanggungjawab. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dibuat sebagai media pengelolaan dokumen laporan evaluasi akreditasi 9 kriteria secara terintegrasi dan terpusat. Sistem ini memfasilitasi pengelolaan dokumen untuk semua kriteria, mulai dari kriteria 1 sampai kriteria 9. Oleh karena itu, meskipun penyusunan laporan evaluasi terdiri dari 9 penanggunjawab, dokumen dapat dikumpulkan pada sistem ini. Sistem ini dibangun menggunakan metode prototype. Penelitian ini menghasilkan aplikasi yang berfungsi untuk pengisian dokumen laporan evaluasi akreditasi dengan pembagian tugas berdasarkan kriteria dan memiliki fitur pesan sebagai mode pengawasan atau pesan terhadap kelengkapan dokumen laporan evaluasi diri.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.