Aplikasi Electronic Customer Relationship Management Untuk Meningkatkan Efektifitas Hubungan Pelanggan Toko AEMA Surabaya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Rafly Mahendra
Sri Hariani Eko Wulandari
Antok Supriyanto

Abstract

Persaingan usaha yang ketat dewasa ini mengharuskan perusahaan untuk berfokus kepada kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen. Beberapa riset yang telah dilakukan, menunjukan bahwa dalam strategi bisnis mempertahakan pelanggan lama lebih menguntungkan dari pada menarik pelanggan baru dan belum mengoptimalkan pada pelanggan lama. Toko AEMA Kacamata Surabaya ini belum memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan. Electronic Customer Relationship Management merupakan evolusi dari Customer Relationship Management yang kemudian dilakukan secara elektronik. CRM juga dapat dipahami sebagai suatu sistem yang mengintegrasikan fungsi dan strategi pemasaran dan layanan untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan. Tetapi saat ini ECRM lebih menekankan pada perubahan kebijakan dan prosedur yang didesain untuk meningkatkan penjualan dan customer retention di berbagai lini perusahaan. Dengan tercatatnya data pelanggan maka tidak menutup kemungkinan bahwa E-CRM dapat meningkatkan efektifitas hubungan pelanggan. Data pelanggan yang tercatat meliputi nomor telepon dan gender pelanggan, E-CRM dapat mencatat data pelanggan dari proses transaksi yang sebelumnya tidak mencatat data pelanggan dari proses transaksi dan membantu pemilik toko atau karyawan lainnya untuk memberikan data penjualan yang berhubungan dengan pelanggan sehingga dapat membantu pengambilan keputusan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mahendra, M. R., Wulandari, S. H. E., & Supriyanto, A. (2024). Aplikasi Electronic Customer Relationship Management Untuk Meningkatkan Efektifitas Hubungan Pelanggan Toko AEMA Surabaya. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 16(1), 159–171. https://doi.org/10.18495/jsi.v16i1.158