Sistem Informasi Topik Tugas Akhir Untuk Mencegah Plagiarisme Dan Kemiripan Topik (Studi Kasus : Program Studi Teknik Informatika Universitas Sriwijaya)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mastura Diana Marieska
Sari Dwi Septiani
Fressy Arlind

Abstract




Tugas akhir atau skripsi merupakan komponen penting bagi kelulusan mahasiswa pada program sarjana. Pada hampir semua perguruan tinggi, mahasiswa tingkat akhir disyaratkan untuk melakukan penelitian secara mandiri dibimbing oleh satu atau lebih dosen pembimbing. Tugas akhir dilakukan oleh tiap mahasiswa. Hal ini menimbulkan potensi terjadinya plagiarisme terhadap pengerjaan tugas akhir. Perlu dilakukan usaha agar topik tugas akhir mahasiswa tidak sama persis atau memiliki tingkat kemiripan yang tinggi satu sama lain. Pada penelitian ini, dirancang dan diimplementasikan Sistem Informasi Topik Tugas Akhir Mahasiswa yang dapat diakses secara online. User dari sistem ini adalah mahasiswa, dosen, dan kepala jurusan. User dapat memasukkan keyword untuk melakukan pencarian topik tugas akhir. User juga dapat memilih kategori pencarian. Terdapat 9 kategori pencarian yang diimplementasikan pada Sistem Topik Tugas Akhir, yaitu judul, abstrak, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), nama mahasiswa, angkatan, kelas, status, bidang riset, dan dosen pembimbing. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi dimana, dosen dapat mengecek kemiripan topik yang diajukan mahasiswa dengan database topik tugas akhir yang pernah dikerjakan mahasiswa sebelumnya. Apabila topik yang diajukan mirip dengan topik yang telah dikerjakan oleh mahasiswa sebelumnya, maka topik yang baru diajukan tersebut dapat ditolak, sehingga plagiarisme dapat dihindari.




##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Diana Marieska, M., Dwi Septiani, S., & Arlind, F. (2024). Sistem Informasi Topik Tugas Akhir Untuk Mencegah Plagiarisme Dan Kemiripan Topik (Studi Kasus : Program Studi Teknik Informatika Universitas Sriwijaya). JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 12(2). https://doi.org/10.18495/jsi.v12i2.21