Pengaruh Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dan Expectation Confirmation Model (ECM) terhadap Penggunaan Berkelanjutan Chatbot AI dalam Pembelajaran
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Chatbot berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) telah menjadi salah satu teknologi inovatif yang semakin banyak digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Teknologi ini menawarkan kemudahan akses, interaktivitas, dan efisiensi dalam mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keberlanjutan penggunaan chatbot AI oleh mahasiswa sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Pendekatan literatur review digunakan dengan mengacu pada berbagai artikel ilmiah dari tahun 2019 hingga 2024, yang relevan dengan topik chatbot AI dan pembelajaran. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah unified theory of acceptance and use of technology 2 (UTAUT2) dan expectation confirmation model (ECM), yang dilengkapi dengan variabel tambahan seperti trust dan perceived risk. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor seperti performance expectancy, effort expectancy, hedonic motivation, social influence, perceived usefulness, trust, perceived risk, confirmation, dan satisfaction memiliki pengaruh signifikan terhadap niat keberlanjutan penggunaan chatbot AI. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi pengembang teknologi dan pendidik untuk merancang chatbot yang lebih adaptif, responsif, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa modern.
Keywords: Chatbot AI, UTAUT2, ECM, keberlanjutan, pembelajaran.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.