Analisis Dampak Metode Pembayaran dan Opsi Pengiriman terhadap Cancel Order Pada merchant Toko Mainan Edukasi Anak di Shopee

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fransiskus Xaverius Agung Perkasa Jampur
Vinno Christmantara

Abstract

Dalam proses pengambilan keputusan konsumen untuk melakukan pembelian secara online pada platform e-Commerce salah satunya dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan yang dilihat dari rating suatu toko online, dimana rating ini diperoleh melalui tingkat keberhasilan pembeli menyelesaikan transaksinya. Apabila tingkat pembatalan pembelian sering terjadi maka berdampak negatif pada rating yang berpotensi menurunkan kepercayaan calon pembeli. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh metode pembayaran dan opsi pengiriman terhadap status pesanan pada merchant XYZ di Shopee guna memberikan rekomendasi strategi yang efektif dalam mengurangi pembatalan pesanan. Analisis dilakukan dengan uji Chi-Square untuk mengetahui adakah hubungan antar variabel metode pembayaran, opsi pengiriman dengan status pesanan serta regresi logistik untuk mengukur sejauh mana kemungkinan pembatalan pembelian dipengaruhi kedua variabel. Hasil analisis menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara metode pembayaran dengan status pesanan, dan ada hubunugan yang signifikan antara opsi pengiriman dengan status pesanan. Pada pengujian classification score diperoleh tingkat akurasi model 98,47% yang menunjukan bahwa model memiliki kemampuan prediksi yang sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jampur, F. X. A. P., & Christmantara, V. (2025). Analisis Dampak Metode Pembayaran dan Opsi Pengiriman terhadap Cancel Order Pada merchant Toko Mainan Edukasi Anak di Shopee. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 17(1), 70–81. https://doi.org/10.18495/jsi.v17i1.233