Utaut Untuk Memahami Tingkat Penerimaan Pengguna Sistem Operasional Aplikasi PT.SWADHARMA Sarana Informatika Sentra Operasi Cilacap

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fiby Nur Afiana
Eka Tripustikasar
Reta Dwi Anggraeni

Abstract




PT. Swadharma Sarana Informatika merupakan perusahaan penyedia sarana Teknologi Informasi dan pengelolaan Automated Teller Machine (ATM), menggunakan Sistem Operasional Aplikasi (SOA) guna menunjang laporan keuangan yang berbasis website atau online selama 24 jam. Dalam pelaksanaan penginputan terdapat keluhan oleh pengguna atau user dari aplikasi SOA, dalam jangka waktu dua bulan sering lambat dalam merespon hal itu terjadi karena data pada server sudah penuh sehingga perlu diadakan backup data server oleh team maintenance SOA pusat, ketika server yang digunakan untuk mengatur resource mengalami masalah maka akan menyebabkan terhentinya semua aktivitas pada jaringan tersebut. Faktor pengguna merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan dalam implementasi sistem baru, diperlukan studi empiris untuk mengevaluasi mengenai kondisi nyata dari user terhadap aplikasi baru yang diterapkan. UTAUT (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) adalah sebuah metode yang banyak digunakan oleh peneliti untuk mengukur bagaimana kesuksesan dan penerimaan pengguna dari penerapan sebuah sistem yang berbasis teknologi informasi. Metode ini dianggap sesuai untuk memahami tingkat penerimaan pengguna dengan variabel yang digunakan adalah (performence expectancy), ekspektasi usaha (effort expectancy), pengaruh sosial (social influence), kondisi yang memfasilitasi (faciliating condition), Jenis Kelamin (Gender) dan perilaku pengguna ( Use Behaviour) terhadap Tingkat penerimaan SOA. Uji Validitas, uji Reliabiitas, Uji Normalitas menggunakan metode One Sample Kolmogonov-Smirnov, Uji Linearitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Regresi Linier Sederhana digunakan untuk mengetahui hasil dari penelitian ini, hasil yang didapatkan menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan positif Variabel Harapan kinerja (Performance Expectancy), Variabel Ekspektansi usaha (Effort Expectancy), Variabel Pengaruh sosial (Social Influence) dan Variabel Kondisi yang memfasilitasi (Faciliating Condition) berpengaruh positif terhadap Niat Pelaku (Behavioral Intention).




##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nur Afiana, F., Tripustikasar, E., & Dwi Anggraeni, R. (2024). Utaut Untuk Memahami Tingkat Penerimaan Pengguna Sistem Operasional Aplikasi PT.SWADHARMA Sarana Informatika Sentra Operasi Cilacap. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 12(2). https://doi.org/10.18495/jsi.v12i2.31