Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus: pada Akulaku dan Kredivo Indonesia)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Rohmah
Maxsy Ary

Abstract




Penyedia layanan financial technology dalam bentuk aplikasi pinjaman online dewasa ini kian marak, saling bersaing menarik minat para peminjam atau debitur. Adapun beberapa aplikasi pinjaman online yang telah dikenal masyarakat ialah Akulaku dan Kredivo. Oleh karena itu dengan maraknya aplikasi pinjaman online saat ini, masyarakat menjadi kebingungan dalam memilih akan menggunakan aplikasi pinjaman online mana yang sesuai dengan kebutuhan sehingga memberikan kepuasan bagi penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara dua aplikasi pinjaman online dari segi kegunaan, mengukur dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna berdasarkan aspek pengalaman pengguna yang menggunakan aplikasi Akulaku dan Kredivo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, usability testing dengan teknik uji system usability scale (SUS), dan metode user experience questionnaire (UEQ). Hasil pengujian SUS diperoleh rata-rata total skor 59 untuk aplikasi Akulaku sedangkan untuk aplikasi Kredivo sebesar 56. Hasil uji menempati level Marginal-Low yang menunjukan kebergunaan dan penerimaan aplikasi. Penempatan level tersebut menunjukkan bahwa secara sepenuhnya belum diterima dengan baik sebagai aplikasi pinjaman online. Hasil pengujian UEQ pada kedua aplikasi menggunakan 6 skala yaitu attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty diperoleh nilai rata-rata untuk aplikasi Akulaku sebesar (0.91, 0.39, 0.45, 0.76, 0.74, 0.22), dan untuk Kredivo (0.69, 0.44, 0.62, 0.07, 0.81, 0,27). Hasil tersebut menempati level normal sesuai ketentuan UEQ.




##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rohmah, S., & Ary, M. (2024). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus: pada Akulaku dan Kredivo Indonesia). JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 13(1). https://doi.org/10.18495/jsi.v13i1.40