Pengaruh Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Pemrograman dan Non Pemrograman Menggunakan EDU-IT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pada awal tahun 2020, dunia dilanda pandemik virus COVID-19 yang menyebabkan semua kegiatan harus dilaksanakan secara daring termasuk di bidang pendidikan. Pembelajaran daring sudah dilakukan oleh Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) sejak tahun lalu. UKMC memberi kebebasan kepada dosen untuk menggunakan e-learning apa saja. Peneliti telah membuat e-learning dari beberapa tahun lalu sehingga fokus penelitian ini adalah menggunakan e-learning yang dibuat oleh peneliti dan diberi nama EDU-IT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan respon mahasiswa pada Pembelajaran Daring di Mata Kuliah Pemrograman dan Non Pemrograman. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan tahapan kualitatif (data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing. Sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil uji validitas, reliabilitas, dan hasil persentase dari pertanyaan kuisioner mengenai respon para mahasiswa di mata kuliah pemrograman dan non pemrograman. Hasilnya adalah respon mahasiswa di kedua mata kuliah tersebut ada yang sama tetapi juga ada yang berbeda. Respon yang sama adalah bahwa mahasiswa tertarik saat mengetahui ada perkuliahan daring, mahasiswa termotivasi saat mengikuti perkuliahan daring, mahasiswa mengikuti perkuliahan daring di EDU-IT atas instruksi dosen, materi daring dengan tujuan perkuliahan sangat sesuai. Respon yang berbeda adalah mengenai efektifitas pencapaian tujuan e-learning dibanding tatap muka (mata kuliah pemrograman tidak efektif 98% sedangkan mata kuliah non pemrograman efektif 70%) dan mengenai komposisi kebutuhan mahasiswa pada perkuliahan daring dengan perkuliahan tatap muka (mata kuliah pemrograman dengan perkuliahan tatap muka saja 94% sedangkan mata kuliah non pemrograman hanya perkuliahan daring 77%).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.