Penggunaan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Sharing Materi Pelatihan di Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andi Nur Zamzam Arman
Walfaidhin
Syaeful Anwar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Learning Management System sebagai media sharing materi pelatihan di Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat. Adanya keterbatasan kuota peserta dalam pelatihan offline serta kendala dalam mengikuti pelatihan online/webinar, sementara tenaga lini lapangan memerlukan akses kembali berbagai materi pelatihan khususnya terkait program Bangga Kencana. Sehingga dibutuhkan sebuah wadah digital yang menyediakan berbagai media pembelajaran dan materi-materi terkait Program Bangga Kencana yang dapat diakses dengan cepat, kapan pun, dan di mana pun oleh tenaga lini lapangan Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Research and Development (R&D). Terdapat 4 langkah-langkah pengembangan LMS yang dilakukan yaitu (1) pengembangan produk, (2) uji coba produk, (3) penerapan produk, dan (4) evaluasi produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket (kuesioner) dan teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yakni dengan cara memaparkan produk (website e-learning) yang sudah dirancang dan diaplikasikan berbentuk produk jadi serta mengevaluasi kelayakan produk. Berdasarkan hasil evaluasi penggunaan TelSulbar, menunjukkan rata-rata total skor penilaian responden terhadap penggunaan TelSulbar secara keseluruhan sebesar 66,84 atau dapat dikatakan bahwa Penggunaan TelSulbar sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arman, A. N. Z., Walfaidhin, & Anwar, S. (2022). Penggunaan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Sharing Materi Pelatihan di Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 14(1), 2508–2519. Retrieved from https://jsi.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/62