Pengujian Usabilitas User Experience Website Ubiquitous Based Learning Cloud Menggunakan Nielsen Model

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hana Hanifah
Kraugusteeliana
Ika Nurlaili Isnainiyah

Abstract

Produk PT Polaris Edu Partners yang menjadi platform penunjang kegiatan pembelajaran bagi institusi dan kampus partner adalah website Ubiquitous Based Learning (UBL) Cloud, dengan jumlah pengguna student portal per 16 April 2021 sebanyak 4331 mahasiswa dari 4 kampus dan institusi berbeda yaitu Universitas Pasundan, Akamigas Balongan, STKIP Pasundan, dan Politeknik Bhakti Kartini. Website UBL Cloud memiliki 4331 users student portal, saat ini tampilan website belum memenuhi standar desain yang user friendly, selain itu PT Polaris Edu Partners belum pernah melakukan evaluasi user interface untuk meningkatkan user experience sehingga diperlukan pengujian usabilitas terhadap pengguna dilakukan dengan pengujian hipotesis menggunakan metode Nielsen Model yang terdiri dari variabel terikat yaitu usability dan variabel bebas yang terdiri dari learnability, efficiency, memorability, errors, dan user’s satisfaction. Penyebaran kuesioner terhadap pengguna student portal dilakukan secara online dan diperoleh hasil analisis usabilitas website UBL Cloud bagi pengguna terpenuhi dengan nilai rata-rata sebesar 77,08%. Serta didapatkan bahwa antara variabel learnability, efficiency, memorability, errors, dan user’s satisfaction saling berpengaruh secara simultan. Variabel efficiency, memorability, dan user’s satisfaction berpengaruh secara parsial terhadap variabel usability, sedangkan variabel learnability dan errors tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel usability.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hanifah, H., Kraugusteeliana , K., & Isnainiyah, I. N. (2022). Pengujian Usabilitas User Experience Website Ubiquitous Based Learning Cloud Menggunakan Nielsen Model. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 14(1), 2585–2598. Retrieved from https://jsi.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/69