Penerapan Metode Fuzzy-Analytical Hierarchy Process Dalam Pemilihan Jurusan Di Perguruan Tinggi Negeri

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Addin Aditya
Febry Eka Purwiantono

Abstract




Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah model pendukung keputusan bagi calon mahasiswa dalam memilih program studi yang akan ditempuh setelah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas. Pada sistem ini terdapat total 892 program studi kelompok saintek dari 40 perguruan tinggi negeri yang berbeda di seluruh Indonesia. Pada penelitian ini digunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) untuk merumuskan sebuah keputusan. Metode ini dipilih karena metode ini mampu melakukan perbandingan antar kriteria yang lebih kompleks bila dibandingkan dengan metode SPK (Sistem Penunjang Keputusan) lainnya. Untuk kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) milik siswa, daya tampung program studi di tahun 2019 dan peminat program studi di tahun 2018. Hasil utama dari penelitian ini adalah sebuah perangkingan program studi kelompok saintek pada 40 perguruan tinggi negeri di Indonesia. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu membantu siswa dalam memilih program studi yang akan ditempuh setelah lulus nanti. Selain itu, metode dari penelitian ini juga dapat diteruskan pada penelitian selanjutnya yang sejenis (secara teoritis). Sedangkan secara praktis, metode ini dapat diimplementasikan setiap tahunnya menggunakan data yang berbeda.




##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aditya, A., & Purwiantono, F. E. (2024). Penerapan Metode Fuzzy-Analytical Hierarchy Process Dalam Pemilihan Jurusan Di Perguruan Tinggi Negeri. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 12(1). https://doi.org/10.18495/jsi.v12i1.7