Klasifikasi Jenis Client Menggunakan Algoritma Decision Tree Cart

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lalu Ganda Rady Putra
Mayadi
I Nyoman Darmawan Setiaji

Abstract

Influencer marketing adalah sebuah metode pemasaran secara digital yang dimana seseorang atau figure yang memiliki pengaruh dimasyarakat atau target konsumen yang dituju dan dirasa bisa menjadi tempat untuk promosi. PT. Lombok Media Utama (Inside Lombok) merupakan perusahaan media independen berbasis media sosial yang menyajikan informasi, berita dan influencer marketing bagi online shop dan UMKM lokal. Permasalahan yang timbul adalah dengan banyaknya client yang bekerja sama dengan Inside Lombok memiliki rata-rata 2000-3000 client tiap tahunnya, Inside Lombok masih manual dalam menentukan jenis client, seperti hanya melihat toko fisik saja atau berdasarkan jumlah follower yang di miliki oleh client. Yang dimana hal itu tidak efektif dalam menentukan jenis client yang terbagi menjadi 3 yaitu: usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah. Perancangan dan pembuautan sistem klasifikasi jenis client ini menggunakan metodologi CRISP-DM, yaitu metode mengembangan perangkat lunak terdiri dari 6 fase yaitu pemahaman bisnis, pemahaman data, pengolahan data, pemodelan, evaluasi dan penyebaran. Hasil atau keluaran yang akan dicapai yaitu sistem dapat menampilkan jenis client berdasarkan atribut yang telah dimasukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama sistem dapat menampilkan jenis client degan akurasi sebesar 95% hal ini dapat membantu pihak Inside Lombok dalam memilih jenis client dengan cepat dan akurat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putra, L. G. R., Mayadi, & Setiaji, I. N. D. (2022). Klasifikasi Jenis Client Menggunakan Algoritma Decision Tree Cart. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 14(2), 2842–2855. https://doi.org/10.18495/jsi.v14i2.88