Perancangan UI/UX pada Prototype Knowledge Management System Pembelajaran SMA Menggunakan Metode Design Thinking
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 sangat berpengaruh terhadap sektor pendidikan sehingga mengharuskan pembelajaran secara daring untuk terus dilakukan dan dioptimalkan. Berkaitan dengan itu, institusi pendidikan berupaya mengadopsi teknologi yang dapat mendukung pembelajaran dan pengelolaan pengetahuan serta menerapkan metode pembelajaran yang paling efektif untuk digunakan. Knowledge Management System sebagai salah satu inovasi teknologi terkait pengelolaan pengetahuan terbukti dapat mendukung dan memfasilitasi pengelolaan pengetahuan untuk menciptakan repositori pengetahuan, meningkatkan akses pengetahuan dan berbagi serta berkomunikasi melalui kolaborasi dan mengelola pengetahuan sebagai aset dalam organisasi pembelajar. Secara umum, tantangan pengembangan sistem adalah ketidaksesuaian antara sistem dengan kebutuhan pengguna. Hal ini mengakibatkan sistem tidak optimal mendukung tujuan pengembangan sistem. Metode design thinking sebagai upaya menciptakan solusi berdasarkan kebutuhan pengguna dianggap mampu mengatasi kendala tersebut. Dalam paper ini dibahas Perancangan UI/UX pada Prototype Knowledge Management System Pembelajaran SMA menggunakan Metode Design Thinking untuk mendukung manajemen pengetahuan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Penerapan Knowledge Management System pembelajaran di sekolah, khususnya SMA ditujukan kepada guru maupun siswa untuk meningkatkan akses pengetahuan, berbagi, berkomunikasi dan berkolaborasi untuk menghasilkan pembelajaran yang optimal menggunakan metode pembelajaran yang paling efektif dan tampilan antaramuka yang sesuai kebutuhan guru dan siswa. Prototype yang dibangun telah diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan hasil skor sebesar 85,43 dan mendapatkan adjective rating dengan nilai A atau excellent.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.